[Chartres Cathedral ]

Rabu, 24 November 2010


Katedral Chartres 


Katedral Chartres (nama lengkap Cathédrale Notre-Dame de Chartres)terletak di kota abad pertengahan Chartres, sekitar 50 mil dari Paris .
Tidak hanya Katedral Chartres salah satu prestasi terbesar dalam sejarah arsitektur, hampir sempurna diawetkan dalam desain aslinya dan rincian.siklus luas Chartres 'patung portal tetap sepenuhnya utuh dan bersinar yang kaca jendela adalah semua aslinya. Chartres demikian katedral-satunya yang menyampaikan gambar hampir sempurna tentang bagaimana itu tampak ketika dibangun.
Selain keindahan arsitektur, Katedral Chartres telah menjadi tujuan ziarah utama sejak awal Abad Pertengahan. sejarah terhormat Its, indah diawetkan arsitektur, dan berabad-abad pengabdian sungguh-sungguh membuat untuk suasana kekaguman dan kekudusan yang mengesankan bahkan yang paling nonreligius pengunjung.

Sejarah

Menurut tradisi, Katedral Chartres telah disimpan pada tunik dari Santa Perawan Maria, Sancta Camisia, sejak tahun 876. peninggalan itu dikatakan telah diberikan kepada katedral oleh Charlemagne, yang menerimanya sebagai hadiah selama perjalanan ke Yerusalem . Karena relik ini, Chartres telah menjadi pusat ziarah penting Marian sangat dan masih setia datang dari seluruh dunia untuk menghormatinya.
Katedral ini adalah salah satu dari beberapa karya Gothic Prancis dibangun karena api telah menghancurkan pendahulunya. Setelah katedral pertama dari setiap substansi yang besar dibakar di 1020, sebuah romantik basilikabaru yang mulia dengan crypt besar dibangun di bawah pimpinan Uskup Fulbert dan kemudian Geoffroy de Lèves.
Katedral selamat dari kebakaran di 1134 yang menghancurkan banyak dari sisa kota, namun tidak begitu beruntung pada malam 10 Juni 1194, ketika petir memicu kebakaran hebat yang menghancurkan semua tapi menara barat, façade dan ruang bawah tanah .
Orang-orang putus asa ketika tampak bahwa Camisia Sancta juga tewas dalam api. Tapi tiga hari kemudian ditemukan terluka dalam kas, yang uskup menyatakan adalah tanda dari Maria sendiri yang lain, bahkan lebih megah, katedral harus dibangun di Chartres. Sumbangan datang dari seluruh Perancis dan membangun kembali mulai hampir langsung di 1194. Orang-orang dari Chartres sukarela untuk mengangkut batu yang diperlukan dari tambang 5 mil.
Proyek konstruksi yang digunakan rencana ditentukan oleh arsitek pertama dalam rangka melestarikan aspek harmonis katedral. Pekerjaan dimulai pertama pada nave dan 1220 struktur utama itu selesai, dengan crypt tua, menara barat dan barat fasad dimasukkan ke gedung baru. Pada tanggal 24 Oktober 1260, katedral ini akhirnya didedikasikan di hadapan Raja Louis IX dan keluarganya.
Katedral Chartres tidak pernah dihancurkan atau dijarah selama Revolusi Perancis dan restorasi tidak banyak telah mengubah keindahan mulia tersebut. Ini selalu tetap sama: kemenangan besar seni Gothic. Katedral telah ditambahkan ke daftar UNESCO Situs Warisan Dunia pada tahun 1979.

Apa yang harus Lihat

Umum Exterior

Dari kejauhan Katedral Chartres tampaknya hover di udara di atas bidang gandum, melainkan hanya ketika seseorang menarik lebih dekat bahwa kota itu datang ke tampilan, clustering sekitar bukit di mana berdiri katedral.
Rencana katedral Gothic adalah salib Latin dengan tiga gang, sebuah transept singkat dan berjalan. Ujung timur bulat memiliki lima kapel memancar setengah lingkaran.
Nave tinggi didukung oleh dinding-dinding penopang ganda terbang,berlabuh oleh colonnettes dan penyangga yang besar. Yang terakhir ini meringankan dalam penampilan dengan relung yang diisi dengan patung-patung. Sebuah baris tambahan tunggal terbang dinding-dinding penopang didukung apsis dari awal dan baris ketiga ditambahkan pada abad ke 14.
Chartres adalah bangunan pertama yang penopang digunakan sebagai elemen struktur yang menentukan keseluruhan penampilan luar bangunan.Mereka diharuskan oleh ukuran belum pernah terjadi sebelumnya jendela clerestory dan tinggi nave.
The detracting satunya aspek dari Teman elegan simetri Katedral Chartres adalah menara barat cocok. Puncak menara selatan adalah 349 kaki (105 juta) polos Romawi piramida berasal dari 1140s, sementara di utara adalah (113m) 377-kaki awal abad ke-16 Flamboyant Gothic puncak menara di atas sebuah menara tua.
Di samping ke depan barat terkenal, baik transept memiliki jendela besar naik, mengapit menara dan tiga portal pahatan masing-masing. Rancangan ini meniru-windowed transept naik di Laon Cathedral , tapi-portal tata letak tiga adalah unik untuk Chartres. Secara total, Katedral Chartres memilikisembilan portal, termasuk tiga diselamatkan dari sebelumnya katedral di barat portal.

Portal Utara (c.1230): Perjanjian Lama

Bagian utara portal, baru-baru ini dibersihkan dari kotoran industri, menggambarkan Perjanjian Lama dan Perawan Maria sebagai prekursor dan persiapan bagi Kristus. Antara pintu di portal pusat patung St Anne memegang bayi Maria. Di bawah kakinya, Joachim sekali cenderung kambing, tapi telah kebanyakan menghilang. Pada 1204, Chartres menerima peninggalan dari kepala St Anne dari Konstantinopel, patung pusat mungkin ditambahkan untuk menghormati itu.
Patung-patung di sisi kanan teluk pusat, dari kiri ke kanan, adalah:
  • Yesaya, yang bernubuat bahwa "tidak akan bangkit tongkat dari batang Isai, dan Cabang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah" (Yesaya 11:1). Dia pernah memegang batang berbunga; sosok kecil Jesse adalah di bawahnya.
  • Yeremia, yang bernubuat Sengsara, memegang salib Yunani dan memiliki pendengar yang penuh perhatian di bawah kakinya.
  • Simeon, imam kepada siapa Kristus disajikan di kuil, memegang anak dalam pelukannya.
  • Yohanes Pembaptis, tipis dari puasa, memakai jubah bulu unta-Nya dan menunjuk ke sebuah medali Anak Domba Allah, naga di bawah kakinya.
  • Di paling kanan adalah St Petrus berpakaian sebagai seorang paus.Dia pernah memegang piala serta kunci dan staf pastoral.
  • Dalam bayangan pada sebelah kanan adalah Elia berdiri di atas roda keretanya, dengan Elisa penangkapan nya mantel di bawah.
Dari catatan khusus antara tokoh-tokoh lain adalah Modesta Kudus, tokoh perempuan elegan dengan menggoda, senyum bahagia, dan lemak Raja Salomo di tangan kanan portal. Di antara adegan narasi Perjanjian Lama adalah gambaran menarik tentang penciptaan manusia, menunjukkan Adam muncul dari balik kepala Allah sebagai gagasan ilahi menjadi kenyataan, maka Allah meremas kepala Adam menjadi bentuk seperti tanah liat pematung.

Portal Selatan (1224-1250): Perjanjian Baru

Portal selatan, masih menunggu giliran untuk dibersihkan, diukir antara 1224 dan 1250 dengan tema Perjanjian Baru, berpusat pada Penghakiman Terakhir. Dalam adegan sentral Kristus muncul manusia, ringan dan lembut, sebuah gambar yang menjadi dikenal sebagai Beau-Dieu, "Tuhan tampan."Teluk kiri memiliki patung martir, tokoh teluk kanan bapa pengakuan (orang-orang kudus yang bukan martir). Di antara mantan dua tokoh ksatria menarik kontras: St George sebagai orang tua muram dan St Theodore sebagai pahlawan muda yang tampan.

Royal Portal (c.1150): Kristus dan Maria

Portal barat, dikenal hampir sejak penyelesaian sebagai Portal Royal (Porte Royale), yang diukir oleh 1150. Patung-patung dan relief dimodelkan pada mereka di portal barat tiga di St Denis , yang sebagian besar hancur di Reformasi.
Dekorasi lekukan di Portal Royal adalah patung elegan dan memanjang raja, ratu dan tokoh dari Perjanjian Lama yang penuh ekspresi, menatap ke bawah pada pengunjung dengan keramahan elegan. Ini adalah transisi terlihat dari Romawi ke Gothic: perpanjangan aneh dari angka-angka mencerminkan mantan sedangkan wajah realistis dan emotif mengantisipasi kedua.
Portal barat pusat menggambarkan Pengadilan Terakhir, dengan Kristus dalam tympanum dikelilingi oleh simbol dari Empat Penginjil . Bertahta dalam mandorla (sebuah halo berbentuk almond), Kristus mengangkat tangan kanannya di berkat dan memegang Kitab Kehidupan di kirinya. Gambar Kristus adalah unik pada patung katedral dan tampaknya sama-sama mewujudkan ilahi dan kodrat manusia.
Friezes di ibukota kiri pintu pusat menggambarkan adegan-adegan dari kehidupan Maria (dari kanan ke kiri). Ibu di sebelah kiri dari portal pusat menggambarkan Anne dan Joachim berjuang dengan infertilitas sebelum kelahiran Maria, yang menurut beberapa sarjana mencerminkan kultus lokal Maria sebagai penyembuh dari ibu dan bayi. Hak pintu pusat freizes adegan dari kehidupan Kristus (dari kiri ke kanan).
Tangan kiri pusat portal di Kenaikan Kristus. Kristus berdiri di atas awan, didukung oleh dua malaikat. Di bawah ini adalah bantuan dengan empat malaikat menyanyi dan ambang pintu bawah sepuluh menunjukkan laki-laki duduk (mungkin para rasul) memegang buku atau gulungan dan menatap Kristus. Para archivolts dihiasi dengan simbol zodiak dan tenaga kerja dari bulan.
Dalam portal kanan, tympanum beruang adegan dari keturunan Kristus ke dalam dunia, melengkapi Kenaikan di sisi lain. Register bawah menunjukkan adegan-adegan dari Kehidupan Sang Perawan, termasuk Kabar Gembira, mengunjungi Elisabet, Kelahiran, dan Hari Raya Kabar Sukacita ke Shepherds. Dalam daftar tengah adalah Presentasi di Kuil. Di tingkat atas adalah Perawan dan Anak bertakhta antara dua malaikat censing. The archivolt batin berisi malaikat sedangkan archivolt luar menggambarkan Tujuh Liberal Seni dan dua tanda-tanda Zodiac (Pisces dan Gemini).

Pedalaman

Bahkan keanggunan eksterior tidak menyiapkan pengunjung untuk keajaiban yang terletak dalam. Nave luas adalah terluas di Perancis dan berdiri 121 kaki (36m) tinggi. Ada pandangan yang tak terputus dari ujung kanan di sepanjang barat ke magnificentapse di timur, 427-kaki (128M) jauhnya. kolom Clustered meningkat secara drastis dari basis polos ke lengkungan menunjuk langit-langit yang tinggi, mengarahkan mata ke jendela clerestory besar-besaran di apsis tersebut.
Di ujung timur, sebuah ambulatori membungkus sekitar paduan suara dan tempat kudus, secara dramatis kubah dan dibagi dari terakhir oleh paduan suara layar berukir megah. Saat itu didirikan pada abad 16 dan patung-patung yang ditambahkan secara bertahap dalam jangka panjang antara abad 16 dan 18. Patung-patung menggambarkan adegan dari kehidupan Kristus dan Perawan Maria.
Layar mimbar mencakup, di sebelah selatan, jam astrologi mengesankan yang berasal dari abad ke-16. Ia mengatakan tidak hanya waktu tetapi hari minggu, bulan tahun, waktu matahari terbit dan terbenam, fase bulan dan tanda saat zodiak. bekerja dalam nya yang sebagian hancur pada tahun 1793.

The Labyrinth Chartres

Lantai batu masih dikenakan lantai kuno labirin (1205), digunakan untuk berjalan kontemplasi oleh para rahib dan masih digunakan untuk meditasi oleh peziarah. Hanya ada satu jalan melalui labirin dan itu adalah 964 meter.Menurut John James, pusat labirin sekali memiliki pelat logam dengan tokoh Theseus, Ariadne, dan Minotaur, angka-angka dari mitos klasik dari labirin di Minos.
Lingkar labirin adalah 131 kaki, hampir persis dengan ukuran yang sama sebagai jendela Rose Barat. Menariknya, labirin adalah jarak yang sama dari pintu masuk barat sebagai Rose Barat dari lantai - jadi jika jatuh ke dalam dinding barat, mawar akan mendarat langsung pada Labyrinth.

Stained Glass Windows dari Chartres

Untuk informasi lebih lanjut dan foto, lihat Panduan ke Stained Glass Windows Katedral Chartres .
Di mana-mana warna hidup cipratan ke lantai dari jendela kaca patri yang luar biasa yang bersinar seperti permata. Yang berasal dari abad ke-13 awal, kaca sebagian besar lolos dari bahaya perang agama selama abad ke-16, dikatakan merupakan salah satu koleksi paling lengkap kaca patri abad pertengahan di dunia. Tergantung pada bagaimana Anda menghitung, ada antara 150 dan 170 jendela kaca patri abad pertengahan di Katedral Chartres.
Rose Barat berasal dari abad ke-13 awal dan tiga jendela lanset berasal dari c.1150. Jendela mawar menggambarkan Penghakiman Terakhir: Kristus dalam penghakiman ini dikelilingi oleh empat Penginjil dan malaikat, maka adegan para malaikat meniup terompet, kebangkitan, penghakiman, surga dan neraka. The lanset kiri adalah Sengsara dan Kebangkitan Window, sedangkan lanset tengah Window Inkarnasi, dan jarum yang tepat adalah Window Jesse.
Rose Utara dan lima jendela lanset adalah hadiah dari Ratu Blanche of Castile pada 1230. Jendela mawar menggambarkan Pemuliaan dari Perawan: Perawan dan Anak merpati dan dikelilingi oleh malaikat, kemudian raja Perjanjian Lama dan para nabi Perjanjian Lama. Lancets, dari kiri ke kanan: Melchizadek dan Raja Saul, Raja Daud dan Raja Yerobeam, St Anne dan bayi Maria dengan lengan Royal House dari Perancis, Raja Salomo dan Raja Nebuchadezzar, Harun dan Firaun.
Rose Selatan dan jendela yang lanset tanggal lima dari 1230s. Jendela mawar menggambarkan Pemuliaan Kristus: Kristus berkat yang dikelilingi oleh empat Penginjil dan malaikat, kemudian para tetua dari Wahyu, maka lengan donor untuk katedral. Lancets, dari kiri ke kanan: Evangelist Lukas atas Nabi Yeremia; Penginjil Matius atas Nabi Yesaya; Perawan dan Anak; Penginjil Yohanes atas Nabi Yehezkiel; Penginjil Markus atas Nabi Daniel.
Lain jendela yang sangat penting adalah Virgin Blue Window (Notre Dame de la Belle Verrière), dibuat sekitar 1150 dan sekarang menjadi bagian dari jendela di rawat jalan lorong di sebelah selatan transept.

0 komentar:

Posting Komentar